IN HOUSE TRAINING LAYANAN AKSELERASI DAN PENGAYAAN  SMA NEGERI 1 SALATIGA TAHUN 2014

Ibu Kepala Sekolah bersama Dr. Amril Muhammad, S.E.,M.Pd, Sekjend Asosiasi CI+BI Nasional


Dalam rangka memberikan pelayanan untuk siswa yang mempunyai kecerdasan istimewa dan bakat istimewa (CI+BI), SMA Negeri Salatiga telah menyelenggarakan In House Training bagi siswa, guru, dan orang tua siswa. Kegiatan ini mendatangkan narasumber Dr. Amril Muhammad, S.E.,M.Pd, Sekjend Asosiasi CI+BI Nasional, yang juga merupakan seorang dosen Manajemen Pendidikan FIP UNJ. Beliau juga merupakan staf ahli Biro Kurikulum Lemdik Polri.
Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahap:
1.       Tanggal 11 Juni  dan 14 Juni  2014 IHT dikhususkan  untuk semua guru dan karyawan SMAN 1 Salatiga dengan materi :
a. Manajemen Layanan Akselerasi
b. Penyusunan Kurikulum Deferensiasi
c. Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian
d. Sinkronisasi Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian
2.       Tanggal 12 Juni 2014, dikhususkan bagi orang tua siswa kelas akselerasi yang dilaksanakan pada pukul 13.00 – 17.00 WIB.
3.       Tanggal 13 Juni 2014, IHT dikhususkan untuk semua siswa akselerasi  dan pengayaan (CI+BI). Siswa diberikan wawasan mengenai ritme belajar dan bagaimana menyeimbangkan aspek sintetik dan praktikal dalam pembelajaran mereka sehari-hari.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan semua pengajar akan dapat menerapkan  kurikulum berdiferensiasi karena kurikulum ini merupakam persyaratan pokok dalam penyelenggaraan layanan pembelajaran siswa akselerasi.  Kurikulum ini merupakan kurikulum nasional dan local yang dimodifikasi dengan penekanan pada materi esensial sehingga harus dikembangkan melalui eskalasi dan enrichment yang dapat  memacu dan mewadahi secara integrasi pengembangan spiritual, logika, etika dan estetika, kreatif, sistematis, linier, dan konvergen.

Bukan hanya bapak ibu guru, namun juga orang tua juga terbina
Anak-anak Kelas CIBI mulai mempraktikkan metode belajarnya

Selain itu, pengajar juga bisa memilih materi ajar yang berisikan materi unggul dan problem solving sehingga pembelajaran tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, melainkan harus bisa menyeimbangkan pembelajaran yang menyajikan aspek sintetik dan praktikal. Kedisiplinan mengenakan seragam dan baju yang rapi.

Bapak Guru juga sedang membuat instrumen untuk alat pembelajaran CIBI

Hasil Ringkas Pembelajaran CIBI dengan langsung mempraktikkannya

Semoga bermanfaat bagi kemajuan SMAN 1 Salatiga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here